Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
28 Feb 2023 773 pembaca ADMIN DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN

DPKP Raih Juara 1 Terbaik Pengelolaan ISIKHNAS Oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten

KABUPATEN TANGERANG Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang meraih Juara 1 Terbaik Tingkat Provinsi Banten dalam Pelaporan Data Penyakit Hewan Melalui ISIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional) yang Terintegritas. Delapan Kabupaten/Kota Se Provinsi Banten terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak yang dinilai selama Tahun 2022. Pada hari Kamis tanggal (23/02/2023) bertempat di Aula Dinas Pertanian Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Serang, yang di wakili oleh Eka Sulitianingsih, Subkoordinator Pengendalian Penyakit Hewan  Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang.

Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional yang Terintegritas (ISIKHNAS) Sistem ini berguna untuk mengumpulkan data dari lapangan dan segera dilaporkan oleh petugas lapangan dan di verifikasi oleh Kabid Keswan dan Kesmavet, ISIKHNAS dibuat dan dipakai untuk menyediakan data bagi pengambil kebijakan untuk mengambil keputusan yg tepat terutama terkait pengendalian dan pencegahan penyakit hewan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupeten Tangerang, Joko Ismadi menyampaikan bahwa, “Puji Syukur" karena DPKP meraih Juara 1 dalam pelaporan data penyakit hewan melalui ISIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional yang Terintegritas) oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten. Penilaian ini didasarkan atas data yang dikumpulkan dari laporan penyakit rutin maupun prioritas dilapangan, dikirimkan ke laboratorium dan hasil ujinya, data pemotongan maupun produksi serta investigasi penyakit prioritas yang dapat diakses secara realtime/tepat waktu untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan yang lebih mantap dan didasarkan bukti guna mengelola sumber daya manusia dalam mengendalikan penyakit. Yang menjadi unsur penilaian adalah keaktifan dalam pelaporan ISIKHNAS, baik dalam laporan vaksinasi, laporan penyakit, pengobatan, respon penyakit, dan lain- lain. Kabid Keswan dan Kesmavet juga menyampaikan apresiasi yg luar biasa buat semua unsur yg terlibat dalam keberhasilan ini, tugas yg lebih berat kedepan nanti adalah mempertahankan predikat terbaik inilah yg menjadi tantangan, karena kedepan tantangan jauh lebih berat. Ungkapnya.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika mengatakan, “Syukur  Alhamdulillah" Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang meraih Juara 1 dari delapan Kabuaten/Kota, terbaik Tingkat Provinsi Banten dalam Pelaporan Data Penyakit Hewan melalui ISIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional yang Terintegritas) kami/Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang berharap dengan diraihnya Juara 1 tingkat provinsi ini akan terus berupaya dan berkomitmen melaksanakan pelayanan yang terbaik di bidang informasi kesehatan hewan kepada masyarakat, diapun menghimbau kepada jajarannya agar terus berperan aktif melayani masyarakat khususnya bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner di wilayah Kabupaten Tangerang, agar produk olahan bahan asal hewan di Kabupaten Tangerang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). ungkapnya.”

Nomor :  481/ 018- DPKP/II/2023/(Zn/23/2/2023)