Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
17 Feb 2023 1,105 pembaca ADMIN DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN

DPKP Melalui P4S dan IKAMAJA Bersinergi Perkuat Ketahanan Pangan di Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang melalui Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dan Ikatan Keluarga Alumni Magang Jepang (IKAMAJA) bersinergi melaksanakan Panen Perdana Sayuran yang berlokasi dilahan P4S Mekar Utama IKAMAJA berada di Kp. Bonisari RT 03/02 Desa Bonisari Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang pada hari Senin 13 Februari 2023.

Kegiatan yang dilakukan oleh P4S Mekar Utama IKAMAJA yaitu panen perdana sayuran daun dataran rendah (bayam), turut hadir dalam acara tersebut Koordinator dan Penyuluh Pertanian BPP Kampung Melayu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Binamas dan Babinsa Desa Bonisari dan Aparat Desa Bonisari dan tokoh masyarakat. P4S adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang.

P4S Mekar Utama IKAMAJA di dirikan oleh Siti Dahlia, yang merupakan  alumni magang Jepang tahun 2010, dengan tujuan meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat perdesaan. Pembinaan P4S antara lain dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan,  sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja.

Perwakilan Ikatan Keluarga  Alumni  Magang Jepang (IKAMAJA) tahun 2010, Siti Dahlia ‘mengatakan “dengan terbentuknya P4S ini diharapkan agar pertanian di pedesaan semakin maju dan berkembang terutama dalam bidang teknologi pertanian, agar bisa meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi muda agar dapat menciptakan inovasi baru dan mengajak elemen Masyarakat dan Pemuda Milenial bergabung untuk mengembangkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Tangerang” tuturnya.

Sementara itu Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kampung Melayu, Dadang ‘mengatakan “dengan terbentuknya P4S di Wilayah Binaan BPP Kampung Melayu ini kami menyambut baik, diharapkan ke depan semakin maju dan terus terjalin kerjasama yang harmonis sehingga program Mandiri Tahan Pangan (MANTAP) di Kabupaten Tangerang semakin berkembang dan semakin gemilang. “ungkapnya.

 

Nomor :  481/ 015- DPKP/II/2023/(Zn/13/2/2023)