Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
14 Mar 2023 711 pembaca ADMIN DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN

DPKP Laksanakan Panen Padi Nusantara Serentak se Indonesia Seluas 41 Ha

KABUPATEN TANGERANG –Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang  melakukan Panen Padi Nusantara. Kegiatan ini digelar untuk mendukung Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar yang dilakukan serentak se-Indonesia, bertempat di Kelompok Tani Barokah Tani Desa Gunung Kaler Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang pada hari Kamis Tanggal (09/03/2023).

Kegiatan Panen Padi Nusantara ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Tim BPS Kabupaten Tangerang, Tim dari Kementrian Pertanian, Perwakilan dari Kecamatan Gunung Kaler, Kepala Desa Gunung Kaler, beberapa Kelompok Tani, dan Penyuluh Pertanian wilayah BPP Kronjo.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika, mengatakan “Potensi panen padi di Kabupaten Tangerang selama Maret berada di 10.897 Ha, sementara potensi panen di wilayah Kecamatan Gunung Kaler selama Maret seluas 1.832 Ha. Luas Panen Padi Nusantara di Kelompok Tani barokah Tani seluas 41 Ha. Varietas dilokasi panen adalah Ciherang. Dilakukan ubinan oleh penyuluh bersama Tim dari BPS Kabupaten Tangerang dengan hasil ubinan 8,6 ton/Ha dan diperkirakan untuk luasan 41 Ha menghasilkan 352,6 Ton. Berdasarkan hasil ubinan tersebut dapat disimpulkan bahwa produktivitas padi tersebut termasuk ke dalam kategori tinggi.

Diharapkan dari kegiatan Panen Padi Nusantara ini dapat menurunkan inflasi khususnya di Kabupaten Tangerang dan menekan melonjaknya harga beras dipasaran yang saat ini naik dan juga  meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Tangerang, kepala Dinas juga mengapresiasi atas inisiasi  Kementerian Pertanian yang menggagas Panen Padi Nusantari 1 Juta Hektar se- Indonesia, Ungkapnya”.

Nomor :  481/ 019- DPKP/II/2023/(Zn/09/3/2023)