Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
27 Sep 2023 202 pembaca ADMIN DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN

DPKP Bersama Bapanas Salurkan Bantuan Pangan

Tangerang,--Sebanyak 146.558 Kepala Keluarga di Kabupaten Tangerang akan menerima bantuan pangan berupa beras premium 10 Kg dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) periode Bulan September 2023.

"Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Abdul Munir mengatakan sesuai surat dari Bulog Cabang Tangerang, Dinas Pertanian diminta untuk melakukan pemeriksaan Kualitas beras bantuan pangan  berupa beras di Gudang Bulog Cikande Kabupaten Serang." 

Pemeriksaan Kualitas beras bantuan pangan dalam rangka kesiapan penyaluran bantuan pangan alokasi September 2023 di wilayah Kabupaten Tangerang dari Bapanas.  Pemeriksa kualitas mulai dari stok beras, butiran beras dan juga pengecekan kadar air dan juga kemasan beras dalam bentuk 10 Kg. 

Hasil pemeriksaan kuliatasnya cukup bagus dan sesuai standar beras dari Badan Standarisasi Nasional yang menetapkan mutu beras harus memiliki derajat Sosoh setinggi100 persen, kadar air maksimal 14 persen, beras kepala minimal 95 persen dan butir patah maksimal 5 persen.

"Tadi sudah di lakukan pengujian kadar airnya rata-rata 13.5 persen dari standar maksimal 14 persen begitu juga butirannya dan secara kasat mata beras yang tersedia tidak bau apek,asam dan asing lainnya. Maksud bau asing adalah bau yang jauh dari bau beras pada biasanya," ujar Abdul Munir, Sabtu (23/9/2023). 

Rencana beras disalurkan dari tanggal 11 s.d 26 September 2023. Bulog menunjuk PT Pos sebagai transporter untuk menyalurkan bantuan pangan, sedangkan DPKP Kabupaten Tangerang hanya melakukan monitoring penyaluran.