Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
22 Feb 2023 904 pembaca ADMIN DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN

Bupati Tangerang Bersama DPKP Serahkan Bantuan Pupuk, Benih Padi dan Ternak Kepada Para Petani Serta Kickoff Vaksin Lumpy Skin Disease (LSD)

KABUPATEN TANGERANG Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang besama Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar  melaksanakan Kegiatan Penyerahan Bantuan Benih Padi dan Pupuk kepada Para Petani yang terdampak Puso Akibat Banjir, Penyerahan Bantuan Ternak Sapi serta Kickoff Pelaksanaan Vaksinasi Lumpy Skin Disease (LSD) pada Ternak Sapi, Bertempat di UPTD Penyuluhan Pertanian Curug Kabupaten Tangerang pada Jumat (17/02/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bapak Bupati Tangerang, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Muspida Kabupaten Tangerang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, Kapolres Kota Tangerang, Kapolres Tangerang Selatan, Kapolres Metro Tangerang Kota, Dandim 05/10-Tigaraksa, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten,  Camat Curug, Kapolsek Curug, Koramil Curug, Kepala Desa Cukanggalih serta Pimpinan PT. Tanjung Unggul Mandiri (TUM) dan Kelompok Tani/Ternak Penerima Bantuan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno, menyampaikan, “dengan tingginya curah hujan pada akhir tahun 2022 sampai awal tahun 2023 sehingga terjadi kerusakan tanaman akibat banjir padi sawah di wilayah Kabupaten Tangerang dengan luasan yang terdampak seluas 217 ha, dari luasan terdampak tersebut (217 ha) ada areal yang mengalami  Puso (tidak bisa berhasil panen/gagal panen) seluas 113 Ha yang tersebar di 7 Kecamatan  (Tigaraksa, Cisoka, Panongan, Gunungkaler, Balaraja, Jayanti dan Kresek).  Jumlah kelompok tani yang terkena puso sebanyak 22 Poktan dan 264 orang petani. Untuk meminimalisir kerugian petani dan untuk mempertahankan luas tanam padi sawah, kami/Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang telah mengajukan permohonan bantuan benih seluas areal pertanaman yang terkena puso yaitu 113 ha atau sebanyak 2.825 kg benih padi ke Dinas Pertanian Provinsi Banten dan dapat direalisasikan sebesar 2.260 kg, sedangkan kekurangannya sebesar 565 Kg dipenuhi dari Cadangan Benih Daerah hasil dari penangkaran UPTD Produksi Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, sehingga kebutuhan benih untuk petani yang terdampak puso dapat dipenuhi 100 %.

Asep Jatnika, juga menambahkan Kami juga/Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang melaporkan adanya hewan ternak sapi yang terkena penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang disinyalir masuk ke Wilayah Kabupaten Tangerang pada  akhir Bulan Januari  2023  Tepatnya di Desa Cileles Kecamatan Tigaraksa dan Desa Cikareo Kecamatan Solear sebanyak 11 kasus. Adapun Kasus LSD seperti halnya PMK, LSD bukan merupakan penyakit Zoonosis, sehingga tidak menular pada manusia.

Untuk mencegah penularan kepada hewan lainya Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang gencar melakukan sosialisasi kewaspadaan LSD kepada para peternak sapi, pelaku usaha rumah potong hewan dan feedlotter sebanyak 45 orang, serta dilakukannya pengobatan dan vaksinasi yang dilaksanakan oleh  tim Vaksinator LSD yang terdiri dari Medik Veteriner, pelaksana dan petugas inseminator melakukan vaksinasi LSD di lokasi radius 2 – 10 km dari daerah kasus dan sebanyak 210 ekor sapi sudah tervaksin LSD,’ jelasnya”

Sementara itu, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dalam sambutannya, ” menyampaikan apresiasi serta mengucapkan  terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Banten melalui  Dinas Pertanian, yang telah memberikan bantuan benih padi sawah, Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Kepolisian Kota Tangerang, Kodim 0510 Tigaraksa, serta Corporate Social Responbility (CSR) PT. Tanjung Unggul Mandiri (PT. TUM) dan pihak pihak yang terkait yang sudah membantu dan berperan aktif dalam kegiatan ini. Sekali lagi saya mengajak seluruh hadirin para pemangku kepentingan  untuk lebih serius lagi dalam bekerjasama mengelola semua potensi yang ada dalam rangka meningkatkan Kualitas dan Mutu Pembangunan Bidang Pertanian serta Swasembada Pangan khususnya di Kabupaten Tangerang.

Sebelum mengakhiri sambutan ini,  saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berjuang mencurahkan segala perhatiannya untuk Pembangunan Bidang Pertanian di Wilayah Kabupaten Tangerang, terutama para Petani dan Peternak yang secara tulus telah berkontribusi dalam Penyediaan Bahan Pangan di Wilayah Kabupaten Tangerang, jelasnya”.

Nomor :  481/ 017- DPKP/II/2023/(Zn/17/2/2023)